Jumat, 04 November 2011

UTS Marcom


Nama Produk (Merk)

Dakon adalah permainan  berasal dari jawa, yang lebih di kenal dengan nama congklak .
Mengapa saya buat perusahaan ini bernama Dakon karena Dakon adalah semua game console mobile asli buatan Indonesia dan saya ingin membuat perusahaan ini seperti dakon yaitu permainan yang memiliki banyak lubang cekung sama dengan perusahaan ini yang ingin memiliki banyak peluang di pasaran nanti.Permainan dakon ini memiliki 2lubang besar untuk penentu siapa yang menang , siapa yang paling banyak memili biji dakon di lubang besar itu dia pemenangnya dan kami ingin perusahaan ini bisa memiliki lubang besar yang banyak bijinya yang bemakna akan menang dari pesaingnya . Permainan dakon juga menggunakan biji dakon, biji-biji tersebut kami gambarkan sebagai konsumen, semua biji pasti melewati banyak lubang-lubang dan kami berharap banyak konsumen yang melewati lubang peluang perusahaan ini sebagai ajang promosi/perkenalan .



Penetapan market

Segmentasi ...
-          Geografis    : brand ini akan di tawarkan pada kota-kota besar salah satunya Jakarta
-          Demografis :
  • Umur : 7-20 tahun 
  • Jenis kelamin : Laki-laki dan Perempuan
  •  Jumlah anggota keluarga : tidak di tentukan 
  • Status Pernikahan : belum menikah 
  • Tingkat Penghasilan : di atas Rp. 1.000.000,- /bulan 
  • Tingkat pendidikan : SD-Sarjana 
  • Jenis Pekerjaan : Pelajar, Mahasiswa, Pegawai 
  • Keturunan : tidak di tentukan 
  • Agama : semua agama maupun yang tidak beragama
-          Psikografis  :
  • Status sosial : Masyarakat tingkat menengah
  • Gaya Hidup : suka bergaul, Suka bersantai, suka menghabiskan waktu dengan bermain 
  •  Kepribadian : menyukai games tingkat tinggi

Targeting
Pola target market dari Dakon adalah product specialization, yaitu hanya berkonsentrasi pada pembuatan perangkat games (game console). Taget pasar produk ini adalah kalangan remaja yang suka bergaul dan suka akan games-games baru terutama rejama kota Jakarta (anak-anak gaul Jakarta). di sini Dakon menawarkan kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau yang di perkirakan tidak lebih dari satu juta rupiah (Rp. 1.000.000,-), sehingga para konsumen bisa mudah untuk mendapatkannya dan Dakon siap bersaing dengan produk ternama buatan jepang. Launching Dakon akan di adakan di mall besar di Jakarta dan untuk pemasaran Dakon akan ada di toko gadget mall-mall ternama di Indonesia, ini di lakukan supaya para pecinta games lebih mudah untuk mengenal dan mendapatkan Dakon. Kemudian Kelebihan produk ini adalah kemampuan online jaringan secara wireless yang membuat para konsumen lebih tertantang dan seru dalam memainkannya .



Penentuan positioning produk 

Dakon sebuah produk games yang menawarkan kualitas bagus dengan harga yang cukup murah sehingga di harapkan dapat menarik banyak perhatian para konsumen, tidak hanyak kualitas bagus yang di tawarkan Dakon tapi juga permainan yang ada di dalamnya, Dakon sebuah game console memberikan aplikasi game sebanyak  76 game dan semua permainan adalah buatan anak bangsa (pemuda-pemudi bangsa Indonesia) yang 50% permainannya adalah games berbasis 3D, Dakon memberikan kelebihan yaitu kemampuan online jaringan secara wireless.



Penetapan ekuitas merk apa saja yang bisa dibangun

Menurut Soehadi (2005), kekuatan suatu merek (brand equity) dapat diukur berdasarkan 7 indikator, yaitu:


1. Leadership : kemampuan untuk mempengaruhi pasar, baik harga maupun atribut  
    non-harga.
>> cara Dakon mempengaruhi pasar adalah dengan cara menawarkan harga yang murah dengan kualitas yang bagus yang bersaing dengan game console mobile lainnya.

2. Stability : kemampuan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
>> cara Dakon mempertahankan pelanggannya adalah dengan cara memberi layanan yang baik dan kualitas bagus yaitu memberi aplikasi game sebanyak 76 game dan 50%nya berbasis 3D juga memberikan kemampuan online jaringan secara wireless, juga body atau fisik Dakon sendiri lebih kecil di banding game console mobile lainnya sehingga membuat konsumen lebih nyaman untuk meletakan dan menyimpannya (tidak menghabiskan tempat yang banyak).

3. Market : kekuatan merek untuk meningkatkan kinerja toko atau distributor.
>> dari produk yang memiliki kualitas bagus dan tingkat promosi yang tinggi pasti  banyak konsumen menginginkannya dan akan berdampak pada kinerja toko atau distributor yaitu peningkatan penjualan pasti akan terjadi dan berdampak keuntungan pada toko tersebut .

4. Internationality : kemampuan merek untuk keluar dari area geografisnya atau masuk ke negara atau daerah lain.
>> Dakon adalah game console mobile yang baru di buat/di bangun tapi produk ini telah di buat sedemikian rupa sehingga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus di bandingkan game console mobile lainnya, sehingga Dakon siap bersaing ke luar negeri dan di pasarkan ke Negara ternama & terbesar di dunia .

5. Trend : merek menjadi semakin penting dalam industri.
>> tak kenal maka tak sayang, mungkin itu salah satu pribahasa untuk sebuah brand. Jika sebuah product tidak memiliki nama mungkin product itu tidak akan mudah di ingat oleh konsumen atau bahkan tidak di kenal. Jadi salah satu syarat penting sebuah product adalah nama/brand karena nama adalah sebuah identitas, semakin mudah nama brand yang ada juga unik atau ciri khas maka semakin mudah konsumen mengingatnya dan itu juga salah satu yang menjadi ajang promosi . untuk sebuah nama Dakon menurut saya untuk penyebutan cukup mudah sehingga untuk brand nama Dakon itu mudah untuk memasyarakat, dan tidak kalah penting adalah kualitas produk yang di tawarkan harus meningkat dari waktu ke waktu .
 
 
6. Support : besarnya dana yang dikeluarkan untuk mengkomunikasikan merek.
>> semua product pasti perlu mempromosikan barang-barang yang akan di jual supaya laku(terjual), sama halnya dengan Dakon, cara Dakon promosi adalah menunjukan beberapa aplikasi games yang ada di dalamnya dan mengadakan launching di mall-mall jakarta yang memerlukan dana yang cukup besar sehingga Dakon mengadakan kerja sama pada perusahaan besar untuk mendapatkan dana (sponsor).

7. Protection : merek tersebut mempunyai legalitas (p.147).
>> Legal, Dakon termasuk brand yang legal karena di lindungi oleh UU Indonesia dan semua aplikasi games yang ada di dalamnya sudah di legalkan dan layak untuk di konsumsi anak-anak maupun semua kalangan.



bila ada kata-kata saya yang salah mohon di maafkan dan di comment yah untuk pembelajaran bagi saya, berbagi ilmu itu INDAH ... terima kasih ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar